Bank Tanpa Teknologi, Tak Bakal Laku

Jakarta, WARTA POST – Menurut Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) perkembangan teknologi telah merubah gaya hidup masyarakat, apalagi untuk urusan berbisnis.

Fenomena ini merupakan disrupsi teknologi atau digital disruption juga terjadi pada industri perbankan.

Hal itu tersebut disampaikan wapres pada acara Mandiri Beyond Wealth yang diselenggarakan di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan, seperti dikutip cnnindonesia.com.

“Teknologi mengatur hidup kita dan juga menguasai gaya hidup kita, termasuk perbankan. Tanpa teknologi bank itu tidak laku lagi pada dewasa ini,” katanya, Rabu (7/8).

Menurut dia, dengan perubahan pola bisnis tersebut pelaku usaha tidak lagi mengutamakan keuntungan tetapi lebih kepada nilai (value) daripada perusahaan tersebut. Sebut saja, beberapa perusahaan teknologi yang masih merugi namun secara nilai terus bertumbuh.

JK yang juga memiliki latar belakang pengusaha, menyatakan pola bisnis tersebut sangat berbeda dengan pola bisnis 30 tahun silam, ketika ia masih aktif di dunia usaha.

“Perubahan ini tentu mengubah gaya, mengubah perbankan, mengubah sistem yang mana harus kita ikuti. Kalau tidak kita ikuti maka akan terjadi sebuah kemunduran,” tuturnya.

Menurut dia, saat ini masyarakat sangat terikat dengan empat perusahaan besar global yang notabene berasal dari perusahaan teknologi. Empat perusahaan tersebut, yakni Google, Facebook, Twitter, dan Amazon.

“Perkembangan teknologi dalam bidang bisnis sangat menentukan arah ke depan,” imbuhnya.

(**)

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *