118 Atlet Porwil Lampung Ikuti Tes Fisik Hari Terakhir

WARTAPOST.ID, Bandar Lampung — Dihari terakhir agenda tes fisik, psikologi, dan kesahatan atlet, menuju Pekan Olahraga Wilayah (PORWIL) September 2019, yang dilakukan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung. Diikuti 118 atlet dari 8 cabang olahraga.

Delapan cabor tersebut yaitu, angkat besi 11 orang, angkat berat 11 orang, sepak bola 20 orang, renang 21 orang, bola voli 28 orang, bulu tangkis 15 orang, dan tinju 12 orang.

“Ya, jika sesuai jadwal, tes fisik hari terakhir ini sebenarnya hanya diikuti oleh dua cabor. Namun, ditambah dengan keenam cabor yang belum bisa dihari sebelumnya. Karena, kemarin mereka tidak bisa hadir pada jadwal yang sudah ditentukan,” kata Wakil Ketua Umum II, Bidang Pembinaan Prestasi, Diktar, Lilbang, dan Sport Science Frans Nurseto. Disela kegiatan, Minggu (15/9/2019).

Pada prinsipnya, pria yang kerab di sapa Babe tersebut mengaku tujuan akhir dari tes fisik yang digelar adalah untuk mengtahui komponen-komponen dasar atlet, baik fisik, psikologi, dan kesehatan. Sementara, secara jelas komponen tes tersebut yaitu, kelentukan, keseimbangan, reaksi, kinestetik, power lengan, power tungkai, kecepatan, kelincihan, daya tahan kekuatan, koordinasi mata tangan, dan VO2 Max.

“Komponen tersebut sangat penting, agar kita bisa mengetahui sejauh mana kekuatan dan kemampuan atlet dalam bertanding,” kata dia.

Lebih dari itu, kata Babe. Tes fisik digelar secepat mungkin oleh KONI Lampung periode ini, bertujuan untuk meningkatkan tehnik dan fisik di masing-masing atlet. Sebab, dengan sisa waktu 2 bulan berjalan, sangat diperlukan percepatan mengetahui perkembangan atlet menuju dua agenda besar yaitu PORWIL dan Pra-PON.

“Target kita di PORWIL meraih prestasi semaksimal mungkin, minimal 9 – 10 emas,” tegasnya.

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *