Besok Pimpinan DPRD Lampung di Sahkan

WARTAPOST.ID, Bandar Lampung — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung, dipastikan akan mengesahkan unsur pimpinan. Agenda pengesahan, akan dilakukan pada Sidang Paripurna yang akan digelar, pkl 10.00 Rabu (2/10/2019).

“Ya, sesuai jadwal besok akan digelar sidang Paripurna. Dengan fokus agenda pengesahan unsur pimpinan DPRD Provinsi Lampung, masa bakti 2019 – 2024,” kata Ketua DPRD Provinsi Lampung sementara, Mingrum Gumay. Di ruang media center DPRD setempat. Selasa (1/10/2019).

Mingrum menuturkan, bahwa kesiapan paripurna yang akan digelar besok, seiring dengan laporan surat masuk yang diterima oleh kesekretariatan DPRD, perihal satu unsur pimpinan dari fraksi Golkar.

“Ya, berdasarkan surat masuk dan diteruskan ke sekretariatan. Kelima unsur pimpinan sudah siap di paripurnakan,” kata dia.

Kelima unsur pimpinan tersebut, yaitu Ketua DPRD Lampung, Mingrum Gumay asal fraksi PDIP. Wakil Ketua 1 DPRD Lampung, Elly Wahyuni asal fraksi Gerindra. Wakil Ketua II DPRD Lampung, Ririn Kuswantari asal fraksi Golkar. Wakil Ketua III DPRD Lampung, Raden Ismail asal fraksi Demokrat. Wakil Ketua IV DPRD Lampung, Faujan Sibron asal fraksi NasDem.

Selanjutnya, atas dasar Paripurna yang akan digelar besok, DPRD akan koordinasi dengan Gubernur Lampung melalui sekretaris Dewan dan Sekretaris Daerah Pemprov, agar segera di registrasikan untuk kemudian diusulkan ke Kementrian.

“Jujur saja, kita kejar – kejaran waktu. Karena kita harus memahami di 20 Oktober 2019 ada pelantikan Presiden. Maka, otomatis dalam waktu dekat kabinet berganti,” tegasnya.

Atas dasar itu, pihaknya akan menugaskan kesekretariatan Dewan melalui bidang perundang – undangan untuk mengkomunikasikan surat pengesahan unsur pimpinan yang dimaksud. Hal tersebut dipandang penting, karena setelah surat dari kementrian turun, akan ada pelantikan pimpinan DPRD.

“Nah, ketika unsur pimpinan DPRD sudah dilantik. Maka, tahap selanjutnya adalah akam ada pembahasan Tatib yang disusun oleh tim penyusun. Dan secara kewenangan pimpinan definitip bisa mengesahkan Tatib tersebut, kemudian pimpinan dapat membentuk AKD yaitu 5 komisi dan beberapa Badan, diantaranya Badan Musyawarah, Badan Anggaran dan sejenisnya,” tegasnya.

Selanjutnya, tambah Mingrum pihaknya akan menggelar Paripurna KUAPPAS untuk APBD Murni. Sebab, sesuai jadwal yang ada. Bahwa pembahasan APBD murni setidaknya bulan November sudah dibahas. Maka, secara otomatis sebelum pembahasan tahapan berikutnya, akan diawali rapat dengar pendapat teman-teman komisi dengan OPD yang ada.

“Tentunya di era kepemimpinan DPRD saat ini bersama Gubernur Arinal bisa berjalan sinergis. Disini, peran DPRD untuk menjaga stabilitas dan dinamisasi Pemerintahan Provinsi Lampung,” tegasnya.

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *