Akhir Pekan KONI Gelar TOT Talent Scouting Guru Olahraga Se- Lampung

WARTAPOST.ID, Bandar Lampung — Untuk terus mengembangkan kemampuan dan melakukan pembinaan terhadap atlet, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Lampung melalui Satuan Tugas (Satgas) akan menggelar Training of Trainer (ToT) Talent Scouting, di UBL Sabtu-Minggu 16-17 November 2019.

Ketua Satgas KONI Lampung, Frans Nurseto mengatakan kegiatan TOT digelar untuk mengembangkan dan membina atlet di Provinsi Lampung setiap daerah, baik kabupaten/kota. Tujuannya, melatih dan mendidik orang menjadi ahli talent scouting, karena di daerah banyak sarjana.

“Dari talent scouting ini kita libatkan para guru yang memang di tiap daerah banyak. Mulai dari sarjanan, magister, dan doktor. Di tiap daerah akan ada 8 orang yang akan mengikuti kegiatan ini,” kata Wakil Ketua II KONI Lampung, Frans Nurseto, Jumat (15/11/2019).

Pria yang kerap disapa Babe tersebut, menuturkan kegiatan TOT dilakukan untuk menyamakan persepsi antara program nasional dengan daerah. “Jadi talent scouting ini kita siapkan agar  program dan keahlian bisa merata di seluruh daerah di Lampung,” kata Babe.

Menurutnya, setelah kegiatan dan penataran tersebut, para guru atau peserta akan langsung melakukan talent scouting kepada para siswa yang merupakan calon atlet. Talent ini akan dibagi kepada beberapa kategori usia, mulai dari 11 tahun kebawah, dan 11 tahun keatas.

“Kita prioritaskan kategori usia tersebut. Untuk usia 11 tahun kebawah motorik para calon atlet masih dalam kondisi terbaik. Talent ini dipastikan untuk melatih bakat dari atlet tersebut,” ungkapnya.

Terakhir, kata Babe. Secara berkelanjutan, kegiatan TOT dipastikan bahwa akan terus dilakukan secara kontinyu guna pengembangan atlet jangka panjang. Para peserta talent akan di didik selama setahun dan akan dilakukan tes kembali.

“Dari hasil ini akan terlihat kecocokan, akan ke cabang olahraga (cabor) mana atlet tersebut. Kita prediksi talent ini untuk hasil di PON 2028. Tapi kita juga menargetkan hasil ini sebelum PON 2024,” ujarnya.

“Harapan dengan kegiatan ini ada kesinambungan program dengan atlet, dan akan memaksimalkan atlet dalam kejuaraan. Keterlibatan KONI dalam atlet, karena para atlet sudah menjadi tanggung jawab KONI apalagi yang sudah masuk PON,” tegas Babe.

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *