Peserta Talent Scouting Apresiasi Program KONI Lampung

WARTAPOST.ID, Bandar Lampung — Agenda Penataran Talent Scouting, yang digelar oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung, mendapat apresiasi dari guru olahraga Bandar Lampung yang menjadi peserta dalam pelatihan. Bahkan, mereka berharap program yang digulirkan bisa berkelanjutan.

“Ini program yang bagus mas, saya berharap kedepan program seperti ini berkelanjutan. Karena, tujuan akhir jelas mencari bibit – bibit atlet berbakat untuk dipersiapkan di berbagai event,” kata Andi Kurniawan, Guru olahraga SD Baitul Jannah Kemiling, Bandar Lampung. Usai kegiatan, di PKOR Bandar Lampung. Selasa (19/11/2019).

Andi pun menuturkan, dari agenda Talent yang digelar banyak ilmu dan pembelajaran didapat. Khususnya, penilaian dan tehnik mencari atlet berbakat atau tidak. “Awalnya kita gak tahu tehnik dan caranya, sekarang jadi tahu mas. Selama ini, kita hanya melatih dan melatih saja, tanpa melihat potensi anak berbakat atau tidak. Nah, dengan kita ikuti Talent Scouting ini jadi paham membedakan atlet berbakat atau tidak,” tegasnya.

Dari hasil Talent Scouting, pihaknya akan segera melakukan tahapan yang diminta oleh KONI Lampung, yaitu mencari atlet di lingkungan sekolah tempat nya mengajar. Sebab, himbauan dari KONI sendiri memberi batasan waktu 30 November 2019. Artinya, waktu yang singkat harus di maksimalkan.

“Insya allah, eksen nya. Kami akan menyeleksi atlet di 25 atau 27 besok. Dan yang pasti di 30 November data atlet sudah terkirim ke KONI Lampung,” tegasnya.

Selain itu, Andi pun meminta kepada pihak KONI. Dalam menjalankan program Talent Scouting bisa dapat mendampingi setiap koordinator yang ada di Kabupaten/kota atau sekolahan. Sehingga, penyeleksian atlet bisa benar – benar maksimal.

“Kami minta ada pendamping dari pihak KONI, minimal satu orang dalam penyeleksian nanti. Jujur, ini program bagus dan perdana bagi kami. Jadi, harus bener – bener maksimal,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Wakil Ketua Bidang Kesiswaan SD Muhammadiyah 1 Bandarlampung, Mardiana berharap dengan adanya ajang pencarian bakat seperti ini dapat memicu bakat siswa siswa.

“Talent Scouting ini bagus, target utama adalah anak usia dini, semoga anak-anak yang terjaring dapat menjadi atlit yang sukses,” kata Mardiana.

Selain itu, Mardiana juga menginginkan terhadap KONI Lampung untuk memberikan perhatian khusus kepada calon atlet yang sudah dinyatakan lolos dalam talent.

“Saya juga berharap untuk KONI Lampung ada perhatian khusus untuk anak-anak yang lolos mendapat pembinaan yang lebih baik lagi,” tegas Mardiana.

Sementara, Wakil Ketua II Bidang Pembinaan Prestasi KONI Lampung, Frans Nurseto mengatakan pelaksanaan penataran yang melibatkan guru-guru olahraga tingkat sekolah dasar tersebut, merupakan langkah baru dalam pelaksanaan program kerja dari kepengurusan 2019-2024 mendatang.

“Tujuan di adakan ingin mendidik para guru se-provinsi Lampung, bagaimana cara mentalent yang benar dan mencari atlit yang berbakat yang benar,  teorinya bagaimana,  prakteknya bagaimana, pelaksanaannya bagaimana, mereka kita didik begitu,” kata Frans. Disela kegiatan.

Dengan harapan, lanjutnya Frans. Kedepan diharapkan para guru dapat menemukan atlit yang berbakat setelah itu guru – guru dapat melatih atlit-atlit yang berbakat selama setahun. Kemudian, selama setahun dilakukam tes kembali ke cabang olahraga.

“Sehingga, akan didapat di 2024 itu atlet junior yang dibina disetiap Cabor. Dari hasil itu, kita dapatkan atlet yang potensial untuk meraih mendali PON ditahun 2028. Dan perlu saya tegaskan, ini adalah program jangka panjang,” tegasnya.

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *