Disaksikan DPP, Arinal Resmi Buka Pemaparan Visi Misi Calonkada Partai GOLKAR

WARTAPOST.ID, Bandar Lampung — Ketua DPD Partai GOLKAR Provinsi Lampung, Arinal Djunaidi secara resmi membuka pelaksanaan kegiatan Pemaparan Visi, Misi dan Wawancara Bakal Calon Kepala Daerah dan Bakal Calon Wakil Kepala Daerah dari Partai GOLKAR Tahun 2020.

Kegiatan yang dipusatkan diaula DPD Partai GOLKAR Provinsi Lampung tersebut, Senin (20/1/2020), Arinal yang kini menjabat sebagai Gubernur Provinsi Lampung hadir dilokasi acara bersama Ketua DPP Partai Golkar, Aziz Samsudin dan Hanan A.Rozak. Kemudian, didampingi pengurua DPD Partai GOLKAR Provinsi Lampung yakni Ketua Tim Penjaringan DPD Partai GOLKAR Provinsi Lampung, Tony Eka Candra, Wakil Ketua DPD Partai GOLKAR Provinsi Lampung, Ririn Kuswantari, Ismet Roni, I Made Bagiasa, Riza Mirhadi, Abi Hasan Muan, Sekretaris DPD Partai GOLKAR Provinsi Lampung, Supriyadi Hamzah, Wakil Sekretaris Bambang Purwanto, dan Jajaran Pengurus DPD Partai GOLKAR Provinsi Lampung lainnya.

Dalam arahannya, Ketua DPD Partai GOLKAR Provinsi Lampung, Arinal Djunaidi mengatakan dalam rangka menyambut Pesta Demokrasi yang akan berlangsung di 8 Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung, 23 September 2020 mendatang. Diharapkan Partai Golkar Lampung mampu melahirkan para pemimpin yang berkualitas, Berkompeten, Jujur, Bersih dan Amanah dalam rangka bersama-sama mendukung Pemerintah Daerah mewujudkan Provinsi Lampung yang berjaya.

Selanjutnya, Arinal juga menyampaikan sesuai dengan apa yang di laporkan oleh Ketua Tim Penjaringan, bahwa tahapan Penjaringan Bakal Calon Daerah dan Wakil Kepala Daerah dari Partai GOLKAR pada Pilkada tahun 2020, telah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, mulai dari Tahapan Publikasi, Pendaftaran, Verifikasi dan Validasi Berkas serta Rapat Pleno di Masing-masing kabupaten/kota.

“Tahapan Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dari Partai GOLKAR tentu harus dilakukan secara Transparan, Akuntabel dan Profesional dengan berpedoman pada JUKLAK-06/DPP/GOLKAR/VI/2016, tentang Penetapan Pasangan Calon Gubernur, Bupati dan Walikota Dari Partai GOLKAR, serta Peraturan dan Perundangan yang berlaku,” kata Arinal.

Menurutnya, Tahapan yang Transparan, Akuntabel dan Profesional dalam proses seleksi, akan menghasilkan Bakal Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang berintegritas, Kualitas, Kompetensi dan Elektabilitas yang tinggi. “Sehingga memberikan peluang kemenangan bagi Calon yang akan diusung oleh Partai GOLKAR,” ujarnya.

Selain itu, Arinal juga mengungkapkan dalam JUKLAK 06/2016, Partai GOLKAR akan memberikan peluang dan kesempatan yang seluas-luasnya kepada  kader GOLKAR yang akan menjadi Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Tetapi, bukan berarti Peluang dan Kesempaan itu tidak memiliki syarat.

“Kader-kader Partai GOLKAR yang akan diusung juga harus memiliki Kompetensi, Kredibilitas dan Elektabilitas yang tinggi melalui hasil survey, serta kekuatan agar dapat mengikuti Regulasi Tahapan PILKADA Tahun 2020. Persyaratan tersebut juga berlaku untuk Bakal Calon External Partai GOLKAR,” tegas Arinal.

Kemudian, lanjut Arinal. Setelah tahapan Pemaparan Visi, Misi dan Wawancara DPD Partai GOLKAR Provinsi Lampung, nantinya akan melakukan survey bekerjasama dengan Lembaga Survei yang Independen, Kredibel dan Profesional, untuk melihat tingkat Popularitas Dan Elektabilitas Bakal Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang akan di usung oleh Partai GOLKAR.

“Pada Pilkada serentak 8 kabupaten/kota 2020, Partai Golkar tidak ingin kehilangan kesempatan, untuk memenangkan calon Kepala Daerah yang diusung oleh Partai GOLKAR, dalam rangka melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat. Sehingga kontribusi dan perjuangan partai GOLKAR dirasakan secara langsung seluas-luasnya oleh Rakyat oleh karenanya dalam kesempatan ini saya ingin berpantun : Duduk Santai diatas Kursi, Sambil Ngopi dengan Kolega. Mari Paparkan Visi dan Misi, Golkar Maju Lampung Berjaya,” tutup Arinal.

Sementara Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar, Aziz Samsudin dalam sambutanya menyampaikan pesan dan salam hormat dari Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto, dan Sekjend Lentjend (Purn) Lodewijk F Paulus kepada seluruh bakal Seluruh bakal calon kepala daerah dan Bakal Calon Wakil Kepala Daerah yang mendaftar di Partai GOLKAR.

“Beliau berpesan, kepada seluruh Bakal Calon Kepala Daerah dan Bakal Calon Wakil Kepala Daerah yang nantinya akan diusung oleh partai Golkar dan Partai Koalisi untuk terus berkarya di daerahnya masing-masing,” kata Aziz.

Kemudian, Ketua Umum Partai Golkar juga menegaskan terkait rekomendasi Partai Golkar secara menyeluruh tanpa mahar, dan DPP tetap melaksanakan mekanisme sesuai dengan Juklak dan Undang-undang yang berlaku.

“Setiap Calon Kepala Daerah memiliki Visi dan misi yang berbeda, Karena dinamika dan permasalahannya juga berbeda-beda, untuk itu diharapkan keberadaan Partai Golkar dapat menjadi mitra bagi masyarakat, menuju masyarakat yang adil makmur, sejahtera,” tegas Aziz.

Sementara itu, Ketua Badan Pengendali Pemenangan Pemilu (BAPPILU) DPD Partai GOLKAR Provinsi Lampung selaku Ketua Tim Penjaringan DPD Partai GOLKAR Se-Provinsi Lampung, Tony Eka Candra dalam laporannya menyampaikan, dasar Pelaksanaan tahapan penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah dan Calon Wakil Kepala Daerah DPD Partai GOLKAR Provinsi Lampung berdasarkan Surat Keputusan DPD Partai GOLKAR Provinsi Lampung Nomor : 04/DPDPG-I/LPG/VIII/2019 tanggal 21 Agustus 2019, dan JUKLAK-06/DPP/GOLKAR/VI/2016.

“Pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah dimulai tanggal 07 – 21 Oktober 2019 secara serentak di 8 (Delapan) DPD Partai GOLKAR Kabupaten/Kota, lalu Rapat Pleno di 8 (Delapan) DPD GOLKAR Kabupaten/Kota yang dilaksanakan dari tanggal 22 – 28 Oktober 2019, dan Tahapan Verifikasi dan Validitas berkas Bakal Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah oleh Tim Penjaringan DPD Partai GOLKAR Provinsi Lampung dilaksanakan tanggal 29 – 31 Oktober 2019,” kata Tony yang juga Bakal Calon Bupati Lampung Selatan ini.

Adapun rincian Bakal Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang mendaftar di Partai Golkar adalah Kota Bandar Lampung 4 Orang Bakal Calon Kepala Daerah dan 1 Orang Wakil Kepala Daerah. Lampung Selatan 4 Orang Bakal Calon Kepala Daerah dan 5 Orang Wakil Kepala Daerah. Pesawaran 7 Orang Bakal Calon Kepala Daerah dan 8 Orang Wakil Kepala Daerah. Kota Metro 3 Orang Bakal Calon Kepala Daerah dan 2 Orang Wakil Kepala Daerah. Pesisir Barat 4 Orang Bakal Calon Kepala Daerah. Way Kanan 3 Orang Bakal Calon Kepala Daerah dan 1 Orang Wakil Kepala Daerah. Lampung Tengah 3 Orang Bakal Calon Kepala Daerah dan 1 Orang Wakil Kepala Daerah. dan Lampung Timur 5 Orang Bakal Calon Kepala Daerah dan 3 Orang Wakil Kepala Daerah, dengan jumlah 54 Bakal Calon, terdiri dari 33 orang Bakal Calon Kepala Daerah dan 21 orang Bakal Calon Wakil Kepala Daerah.

Koordinator Bidang Pengendali Pemenangan Pemilu (Korbid PP) DPD Partai GOLKAR Provinsi Lampung tersebut menyampaikan, Tujuan dilaksanakannya Pemaparan Visi, Misi dan Wawancara adalah dalam rangka melihat dan melakukan pendalaman terkait Kualitas dan Kesesuaian Visi, Misi, Rencana Program Bakal Calon, dengan potensi serta permasalahan daerah di masing- masing, kemudian keseriusan Bakal Calon membangun Jaringan, Sosialisasi, serta sejauh mana komitmen Bakal Calon terhadap Partai GOLKAR bila kelak mendapat Rekomendasi dari Partai GOLKAR.

“Pelaksanaan Pemaparan Visi, Misi dan Wawancara Bakal Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, dilaksanakan selama 6 hari berturut-turut, sejak tanggal 20 s/d 26 Januari 2020, mulai Pukul 08.00 – 21.30 WIB.” tegas TEC.

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *