Komisi V DPRD Lampung Minta Dinkes Aktif dan Siaga Virus Corona

WARTAPOST.ID, Bandar Lampung — Kasus virus Corona, di beberapa negara menjadi perhatian di sejumlah negara terutama Indonesia. Dimana banyak sekali pintu masuk yang dapat menjadi penyebaran virus tersebut, salah satu wilayah yang menjadi perhatian khusus di Indonesia adalah Provinsi Lampung.

Himbauan dan perhatian khusus pun dilontarkan oleh Sekretaris Komisi V DPRD Lampung, Rahmat Mirzani Djausal. Sebab, Provinsi Lampung merupakan pintu gerbang masuknya pulau Sumatera. Diantaranya, Bandara dan Pelabuhan, Lampung memiliki Bandara Internasional Raden Inten II dan Pelabuhan Pelindo II Panjang yang menjadi pintu masuknya.

“Dinas Kesehatan dan RSUD Abdoel Moeloek untuk siaga menghadapi penyebaran Virus Corona tersebut,” kata Mirza. Rabu (29/1/2019).

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Provinsi Lampung tersebut, meminta agar dinas terkait memberikan informasi kepada masyarakat Lampung, mengenai wabah virus Corona baik untuk pencegahannya dan meminimalisir penyebarannya.

“Provinsi Lampung yang menjadi pintu masuknya Pulau Sumatera harus menjadi perhatian khusus terhadap penyebaran virus corona. sebab itu kami meminta dinas terkait untuk siaga, serta memberikan informasi kepada masyarakat lampung tentang gejala dan cara pencegahannya,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana menjelaskan, pihaknya akan terus melaksanakan peninjauan ke rumah sakit, bandara, dan pelabuhan untuk mengantisipasi masuknya virus corona di Lampung.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan, menunjukkan RSUDAM Lampung siap dalam mengantisipasi datangnya virus corona. Kami juga akan melakukan kunjungan ke Pelabuhan Bakauheni, untuk pengecekan dan lainnya,” kata Reihana.

Secara keseluruhan, saat ini hanya ada 3 rumah sakit di Provinsi Lampung yang sudah siap menangani virus corona. Dimana satu diantaranya merupakan RSUDAM Lampung. Selain itu, Dinkes juga sudah menindaklanjuti Kementrian Kesehatan, tentang anjuran-anjuran yang diharuskan ke dinas kabupaten kota.

“Kita juga akan terus mensosialisasikan, dan informasikan ke masyarakat agar tidak resah. Saya himbau ke masyarakat, untuk tetap menjaga perilaku hidup bersih dan sehat. Caranya dengan sering mencuci tangan dan jaga kondisi tubuh. Sebab virus ini gejala umumnya seperti flu biasa,” tegas Reihana.

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *