Way Kanan Gelar TOT dan Pemanduan Atlet Berbakat

WARTAPOST.ID, Bandar Lampung — Guna mencari atlet masa depan Provinsi Lampung, yang berasal dari Kabupaten Way Kanan, 800 siswa kategori U-11 dan U-12, se- Way Kanan mengikuti Talent Scouting dalam pencarian atlet berbakat yang digelar tim koordinator Kabupaten seribu air terjun tersebut.

Kegiatan yang dibuka Wakil Bupati Kabupaten Way Kanan Edward Antoni itu, melibatkan guru olahraga dari Kecamatan yang ada, dan dipusatkan, di Islamic Center Kabupaten setempat, Rabu 5 Februari 2020. Selain pencarian bakat, 400 guru olah raga mengikuti training of trainer (TOT) yang disampaikan oleh Bidang Pembinaan Preatasi KONI Lampung Suharli.

Wakil Bupati Kabupaten Way Kanan Edward Antoni, disela kegiatan mengapresiasi kepengurusan KONI Lampung saat ini yang begitu konsen memajukan olah raga Lampung, mulai dari pencarian bakat, ToT hingga pembinaan yang dilakukan saat ini, untuk mewujudkan Olah Raga Lampung Berjaya, sudah ditanggani ahli masing masing. Mulai dari Pembinaan Prestasi yang ahli olah raga, yang ditunjang dokter gizi dan olah raga serta tenaga ahlinya.

“Yang begini saya setuju. Dalam peningkatan olah raga, ditanggani oleh ahlinya. Selain itu, dengan mencari atlet sejak dini menjadi nilai lebih, karena KONI biasanya identik dengan kegiatan besar,” ujarnya.

Edward tambahkan, dengan adanya talend scuting menjadi nilai lebih way kanan dan daerah lainnya, dalam mencari atlet yang siap membela nama waykanan hingga nantinya mengharumkan nama daerah.

“Kabupaten harus mandiri. Jangan sampai ingin nama baik, tetapi menghalakan segala cara dengan cara impor atlet dari kabupaten lain, dengan harapan mendapat posisi prestesius. Untuk itu melalui TOT dan pencarian bakat, menjadi cikal bakal atlet daerah,” katanya.

Wakil Ketua Umum II KONI Provinsi Lampung Frans Nurseto menyebutkan, talent scouting merupakan program yang terukur dan berdampak positif bagi kemajuan olahraga Lampung kedepannya. Sebab, pencarian atlet berbakat yang digagas oleh KONI Lampung menjadi langkah postif untuk menemukan dan mewadahi potensi atlet di daerah.

“Dalam penilainnya, hasil dari test yang di tulis secara manual pada masing masing siswa akan di infut mengunakan sofware yang merupakan sofware talent scuting pertama di indonesia dalam mencari atlet berbakat usia dini. Dari hasil pencarian bakat ini lah, yang nantinya akan di serahkan ke KONI Kabupaten Way Kanan untuk dilakukan pembinaan lanjutan,” katanya.

Hasil penilaian pencarian bakat ini, menjadi cikal bakal anak berbakat yang akan di arahkan ke Cabang olah raga untuk dilakukan pembinaan lanjutan.

“Diharapkan dari pencarian bakat yang dilakukan di way kanan, akan didapat atlet yang siap mengharumkan nama waykanan. Akan tumbuh atlet dan pelatih baru yang akan menjadi atlet andalan Lampung ,” ujarnya.

Langkah evaluasi akan dilakukan oleh KONI lampung setelah menerima laporan dari trainer yang sudah melakukan tes. Hasil dari pencarian bakat sendiri akan diumumkan serentak bulan maret kemarin bersama kabupaten yang sudah melakukan tes.

“Suatu negara dan daerah akan maju jika olah raga yang di tekuninya masyarakatnya maju. Untuk itu pemhinaan atlet sejak dini sangat di perlukan, untuk mengregenerasi atlet saat ini.

Wakil Ketua 1 KONI Waykanan Rahmad Spd, di dampingi kabid organisasi Gunawansyah mengatakan, kegiatan ToT dan pencarian bakat ini sangat positif sekali. KONI Way Kanan sangat mengapresiasi program KONI Lampung yang telah digulirkan. Apalagi, pencarian atlet berbakat benar – benar langsung didampingi oleh pengurus KONI Lampung.

“Saya berharap, para guru tidak hanya melakukan TOT disini saja, tetapi harus berani melaksanakan talent di sekolah masing masing secara mandiri. kedepan program yang digelar, dapat terus berjalan secara terus menerus guna mencari atlet berbakat yang akan dipersiapkan membela Way Kanan mulai jenjang pekan olah raga provinsi, Pekan Olah Raga Wilayàh hingga PON,” katanya.

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *