GRP, Mendapat Predikat Layak Anak – Pemda Lamtim Harus Sinergi dan Realisasikan Hak Anak

WARTAPOST.ID, Bandar Lampung — Sejak ditetapkan predikat sebagai daerah layak anak, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur bersama semua unsur yang berwenang, wajib mereasliaskan dan memberikan hak – hak anak sesuai kebutuhan yang sudah ditentukan.

Hal tersebut sangat penting, agar tingkat kekerasan terhadap anak dapat diminimalisir dan bahkan hilang di provinsi yang berjuluk Sai Bumi Ruwa Jurai pada umumnya, serta Kabupaten Lampung Timur khususnya.

Anggota DPRD Provinsi Lampung, Garinca Reza Pahlevi menegaskan bahwa pemerintah daerah khususnya Kabupaten Lampung Timur wajib mendukung terkait peraturan daerah yang sudah ada tentang perlindungan anak, untuk memenuhi kebutuhannya agar bisa tumbuh kembang layaknya seperti anak yang diharapkan. Sehingga mampu mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia sesuai harapan.

“Atas dasar itu, saya mengajak marilah implementasikan hak – hak anak yang layaknya di berikan. Disini peran orang tua dalam mendidik anak serta menjaga anak wajib ditingkatkan. Agar, generasi penerus bangsa mampu menjadi harapan kita semua, yaitu membangun dan mengisi kemerdekaan Indonesia dengan baik,” kata Garinca, melalui pesan tertulisnya, usai menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah di Kabupaten Lampung Timur. Senin (24/2/2020).

Yang sangat mempermudah, lanjut Wakil Ketua Komisi V DPRD Lampung itu. Bahwa, pemerintah Kabupaten Lampung Timur sangat mendukung dan siap mewujudkan predikat kabupaten Layak Anak.

“Disini, saya sangat apresiasi atas komitmen Pemda Kabupaten Lampung Timur, yang siap merealisasikan predikat, dengan memberikan hak anak dan tanggung jawab orng tua dalm mendidik dan menjaga anak. Sebab, sinergi menjadi hal terpenting dalam mewujudkan komitmen tersebut,” kata dia.

Lebih lanjut, politisi muda NasDem Lampung tersebut mengajak kepada semua pihak, untuk menjaga dan melindungi hak – hak anak dari kekerasan maupun ancaman yang akan menimpa, kemudian perampasan hak – hak anak yang dilakukan orang – orang dewasa.

“Polisi pun mempunyai tugas dalam rangka penegakan hukum terhadap tindak kekerasan kepada anak. Ini jelas, sinergi menjadi penting,” tegasnya.

Untuk diketahui, kata Reza. Ada beberapa tahapan yang perlu dipahami oleh kita semua para orang tua tentang hak – hak anak yang wajib diberikan. Yaitu, pada periode emas pertama perlu diberikan perhatian yang serius terhadap kualitas tumbuh kembang anak, baik yang berhubungan dengan fisik maupun psikologisnya. Karena, pada masa tersebut terdapat jendela kesempatan (window of opportunity) dan masa kritis (critical period) pada perkembangan anak.

Sementara, kata Reza. Pada periode emas kedua, anak sudah tumbuh menjadi remaja. Sehingga, sangat perlu mendapatkan perhatian khusus dari keluarga.

“Pada masa ini anak belum memiliki kepribadian yang mantap, jiwa yang masih labil dan juga belum dapat menentukan apa yang baik bagi diri mereka. Oleh karena itu, peran orang tua sangat penting,” tegasnya.

Selanjutnya, makna perlindungan anak adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi anak serta hak – haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi, secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan. Sehinga, mereka benar – benar mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

“Dengan begitu, anak berhak untuk mendapatkan perlindungan, yaitu nondiskriminasi, kepentingan terbaik, hak hidup dan perlunya mendengarkan pendapat anak,” tegasnya.

Selain itu, ada tiga peran penting yang mesti diperhatikan dan di realisasikan terhadap anak. Yaitu, sebagai sumber informasi, sebagai pendamping, dan sebagai role model. “Ini wajib diterapkan oleh seluruh orang tua,” tegasnya.

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *