Sudin Benarkan Dua Posisi Jabatan Strategis Yanuar di Ganti

WARTAPOST.ID, Bandar Lampung — DPD PDIP Perjuangan Lampung secara mengejutkan, mengganti dua jabatan strategis di Fraksi PDIP DPRD Lampung. Dua jabatan tersebut, yaitu Sekretaris Fraksi dan Ketua Komisi V DPRD Lampung.

Sikap dan langkah partai pemenang pemilu tersebut, tentu sangat mengejutkan. Pasalnya, dua jabatan tersebut, di jabat oleh satu kader partai asal Dapil IV Lampung meliputi, Tanggamus, Pesisir Barat, dan Lampung Barat yaitu, Yanuar Irawan.

Ketua DPD PDIP Lampung, Sudin membenarkan bahwa ada perubahan di unsur AKD fraksi PDIP Lampung, yaitu Ketua Komisi V DPRD Lampung dan Sekretaris Fraksi.

“Ya, ada pergantian di komposisi Ketua Komisi dan Sekretaris Fraksi DPRD PDIP Lampung,” kata Sudin, saat di hubungi via pesan WA.

Anggota DPR RI tersebut menuturkan pergantian suatu jabatan merupakan hal biasa di dalam lembaga politik. Tentu, ini di lakukan untuk penyegaran, semua kader memiliki kesempatan yang sama untuk bertukar posisi.

“Saya tegaskan, bahwa tidak ada penyebab yang krusial alasan pergantian jabatan, Yanuar Irawan merupakan kader terbaik yang sudah menjabat selama dua periode,” tegasnya.

Saat dikonfirmasi siapa pengganti, Yanuar Irawan untuk posisi ketua Komisi V. Sudin mengatakan sampai saat ini masih dalam pembahasan, jika sudah selesai sekertariat DPD akan mengirimkan surat ke Fraksi dan unsur pimpinan DPRD Lampung.

“Masih dalam pembahasan, kalau sudah selesai kita akan langsung kirimkan ke fraksi dan unsur Pimpinan DPRD untuk di Paripurnakan,” tegas Sudin.

Sementara, Yanuar Irawan mengaku belum mengetahui secara jelas jika posisi dirinya sebagai sekertaris dan ketua komisi V digantikan.

“Sampai sekarang saya tidak diberitahu dan belum ada surat resminya,” ujarnya.

Menurut Yanuar, pada prinsipnya fraksi merupakan kepanjangan tangan partai dan tidak boleh menyimpang dari tata tertib yang ada di DPRD Lampung. Sebab, komisi adalah AKD yang dibentuk oleh kelembagaan Dewan dengan konsideran UU dan PP serta Perda.

“Kalau Merujuk pada Pasal 65 ayat 9, Perpindahan anggota DPRD antar komisi di ajukan masa keanggotaan paling singkat satu (1) tahun,” tegasnya.

Sementara, berdasarkan informasi yang di himpun. Posisi Sekretaris fraksi PDIP DPRD Lampung akan di jabat oleh Lesty Putri Utami, dan untuk Ketua Komisi V DPRD Lampung belum diketahui. (WIR)

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *