Budiman, Pancasila Alat Pemersatu Bangsa

WARTAPOST.ID, Bandar Lampung — Momen hari kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober, memiliki makna tersendiri bagi seorang Politisi senior Budiman AS.

Menurut Anggota Komisi I DPRD Lampung ini, Pancasila selain sumber hukum tertinggi dari segala sumber hukum di negeri ini, juga merupakan alat pemersatu bangsa yang notabenenya memiliki perbedaan dari hal agama, suku, ras maupun budaya, namun bisa bisa hidup selaras, berdampingan tanpa adanya pertikaian atau konflik yang menyebabkan perpecahan.

Hal ini dikatakan Budiman AS saat menggelar sosialisasi pembinaan ideologi pancasila dan wawasan kebangsaan di Tanjungkarang Timur (09/10/2021).

“Sudah kewajiban dari segenap bangsa Indonesia untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Ini untuk menghindari perpecahan antar masyarakat,” jelas Ketua Demokrat Bandarlampung ini.

Selain itu, Budiman juga mengingatkan pentingnya menjaga kedaulatan Pancasila di tengah arus teknologi dan perkembangan jaman, khususnya kepada generasi muda.

“Generasi muda harus memahami dan menjiwai nilai-nilai pancasila. Sebab, kemerdekaan Indonesia diraih dengan susah payah oleh para pahlawan kita terdahulu dan kita sebagai generasi muda harus menjaganya,” tegasnya.

Sementara, Budi Rahardjo yang merupakan narasumber dari sosialisasi tersebut mengatakan, perkembangan jaman dan kemajuan teknologi membuat abaikan para generasi milenial dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

“Gadget membuat kita lupa segalanya. Bangun tidur yang kita lihat pasti gadget, begitupun saat hendak tidur. Untuk itu, saya mengimbau agar kita jangan lalai dengan benda ini,” kata dia.

About the author: admin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *